Wednesday 9 July 2014

Mengatasi Error Subjek Tidak Ditemukan dan Genap NaN Dapodik Dengan Generate Prefill



Karena banyaknya permasalahan mengenai dapodik yang eror, dan subjek tidak dapat ditemukan, atau mengalami kendala genap/NaN, ditambah lagi dengan trik sebelumnya yang telah aku posting tidak mampu untuk menanggulangi permasalahan, maka, untuk kali ini aku akan coba untuk membantu teman-teman operator yang mendapatkan kendala eror subjek tidak dapat ditemukan.
          Jika pada postingan terdahulu yang diutamakan adalah skill untuk mengotak-atik komponen aplikasi, di cara yang kedua ini, kita tidak perlu lagi untuk bersusah untuk otak-atik. Hanya saja, kita harus bermodal tenaga untuk menghubungi operator Kabupaten. Lhooo??? Kok isoooo??? Sek toh... nanti tak jelaske..
          Sebenarnya trik ini bisa juga dipakai untuk memindah aplikasi dapodik dari laptop satu ke laptop lainnya. Caranya juga sama.. tidak berbeda sama sekali. Lalu?? Daripada bertanya-tanya, mending kita langsung praktek saja.
          Alat dan Bahan yang disediakan (kayak mau masak aja sih ini orang?? Kampret banget kalo nulis-nulis mesti muter-muter gitu...)
a.    Laptop / pc (jelas aja kaaannnggg...)
b.    Aplikasi dapodikdas yang terbaru. Bisa teman-teman download disini
c.    Prefill terbaru. (Penting bagi Teman-teman operator, untuk memudahkan langkah pemindahan / pemulihan aplikasi dapodikdas, mintalah kepada operator kabupaten untuk melakukan generate prefill. Yang perlu teman-teman berikan adalah NPSN sekolah, dan juga tentunya tenaga untuk meminta operator kabupaten agar berkenan melakukan generate prefill. Fungsinya apa?? Generate prefill nantinya akan berfungsi sebagai data base awal, yang berisi informasi terakhir / data terakhir dapodik yang telah disinkronkan)
d.    Modem (digunakan untuk mengunduh data prefill yang sudah di generate oleh teman-teman Ops kabupaten). Dapat didownload disini
e.    Kode Registrasi untuk mendownload.
Tahap Instalasi.
Mohon, bagi yang berkendala dengan aplikasi error / subjek tidak ditemukan, aplikasi dapodikdas yang lama di uninstal dulu, semua prefill didelete. Baik itu yang ada di C, D, E, ato bahkan di Z. Karena seringkali Prefill yang terbaru tidak terbaca jika masih ada prefill lama.
1.     Instal aplikasi dapodikdas di laptop. Tunggu sampai finish.

Proses Instalasi...

2.    Buatlah Folder Prefill_dapodik di Local Disk C, dan masukkan prefill yang sudah digenerate (ekstensi file nya adalah .prf)
Prefill...

3.    Buka Browser, dan masuk ke Aplikasi dapodik via localhost
Registrasi

4.    Registrasikan dulu aplikasi dapodik teman-teman.
5.    Setelah berhasil, login seperti biasa, dan.....
Login Dapodik...

6.    Thataaaaa... berhasil deh pindah aplikasi atau mengatasi genap Nan nya...
View Daftar PD

Oke, berhubung sudah selesai, maka, waktunya aku pamitan. Gak enak lama-lama ada didepan laptop.. ntar dikiranya aku naksir sama si laptop karena sering tak pandangi lama-lama... si laptop ini rada GR an sih ma aku... xixixix

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...