Thursday 17 April 2014

Cara Mudah Mengatasi Tombol Sinkronisasi Hilang Dapodik 207



Tombol Sinkronisasi gak ada

Mungkin diantara teman-teman operator ada yang kebingungan dengan aplikasi dapodiknya gara-gara gak muncul tombol sinkronisasi ketika hendak mengupdate data dapodik ke server. yang ada cuma kotak putih yang gak ada tulisan apa-apa... Pertanyaan muncul dengan sendirinya karena ketika masih patch 206, dapodik lancar-lancar aja, tapi kenapa ketika di update dengan patch 207 menjadi bermasalah?? Tentu hal ini membingungkan kita sebagai operator.
Sayangnya, hal ini juga terjadi kepadaku. Cowok imut-imut yang selalu dirubung semut!! Aku sempat berfikir, apakah terjadi gagal ginjal, eh, gagal patch, atau instalasi yang gak sempurna seperti yang sudah-sudah?? Dan, cara-cara ekstrem pun aku lakukan. Mulai dari memback up manual aplikasi dapodik dan menginstalnya di laptop lain, hingga menguninstal aplikasi dapodik di laptop utama. Namun hasilnya tetep aja nihil. Masih gak mau keluar tombol sinkronisasi.
Jleb... browsing-browsing deh akhirnya aku.. Tapi gak ada yang membahas tentang permasalahan yang gak ada tombol synch nya. Kecewa?? Tentu saja iya. Coba bayangkan, dari 238 juta jiwa penduduk indonesia, kok ya gak ada satu pun yang menulis artikel tentang penderitaan yang aku alami ini?? Sangat mengenaskan...
Sampai akhirnya aku berfikir, jika di 206 tak ada masalah, namun setelah patch 207 ada masalah, berarti ada permasalahan di patch nya! Dan kecurigaanku semakin menjadi ketika aku melihat kata-kata “patch 2.0.7c”. ada huruf “c” dibelakang patch!!! Berarti, ada yang gak beres. Dan dengan bermodal nekat yang sangat, aku pun mencoba mendownload patch 2.0.7c (ada huruf “c” nya di belakang patch), dan menginstalnya di laptop. Meski sebelumnya aplikasi dapodikdasku sudah aku pacth dengan patch 207, namun, nekat saja deh...
Dan ternyata... memang benar!! Permasalahan yang aku alami ada pada patchnya. Patch pertama yang aku gunakan dulu adalah patch 207 versi uji coba. Dan, yang aku instal selanjutnya adalah patch 207 versi pengembangan dari patch 207 yang sudah tidak uji coba. Ingin lihat hasilnya??? Ini niiiihhh....
Tampilan Sinkronisasi Normal...

Catatan:
Ketika instal patch 207c di laptop yang sudah terinstal patch 207, kita tidak perlu mulai dari aplikasi 206. Karena meski sudah versi 207, kita bisa langsung melakukan instalasi kok. Dan juga, di aplikasi 207 ini, sebelum melakukan sinkronisasi, back up dulu data dapodik teman-teman. Karena banyak kejadian, setelah dilakukan sinkronisasi, ternyata banyak data yang menjadi awut-awutan, seperti contoh rombel hilang, tanggal lahir menjadi tahun 1970 semua (kalo PTK sih masih wajar, tapi ada juga siswa yang kena debug lahir tahun 1970. Siswa macam apa kuwiiii???), dan juga SK-SK para pegawai yang kadang kembali awut-awutan.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...