Friday 31 July 2015

Cara Instalasi Dapodik V.4.0.0


Tampilan Sambutan Aplikasi..
Alhamdulillah... akhirnya rilis juga aplikasi dapodik v. 4.0.0. meski harus menunggu agak lebih lama (jadwal rilis tanggal 30 Juli 2015, tapi agak mengalami keterlambatan), aplikasi dapodik terbaru ini tetep bisa rilis di Bulan Juli, sesuai dengan perencanaan semula. Untuk pembahasan kali ini, kita titik beratkan pada proses instalasi dapodiknya dahulu. Sedangkan nanti, masalah fitur, pembaharuan, insya allah kita bahas dikemudian hari.
Temen-temen operator, sebenarnya tidaklah sulit untuk menginstal aplikasi ini. Sama seperti proses instalasi dapodik sebelumnya. Tapi, jika dilaptop atau komputer yang kita gunakan masih terdapat aplikasi dapodik versi terdahulu, maka instalasinya bisa mengikuti tahap-tahap dibawah ini. Mudah kok, nanti coba aku lengkapi dengan gambarnya untuk panduan.
Langkah pertama adalah tentu saja mendownload aplikasinya (ya iyalaaahhh... mau instal aplikasi kan harus punya aplikasinya... kalo gak punya aplikasi, apa yang mau di instal? Hadeeewwwhhh.... ). Alamatnya? Tenang masih sama seperti yang dulu kok. Di Sini <<< belum pindah, masih di alamat yang sama. Tapi, storagenya yang berbeda. Sekarang, dapodik disimpan di onedrive.live.com. cara downloadnya? Mudah kok, klik aja nanti juga terdownload, ato klik kanan seperti ini, lalu pilih download. Tunggu hingga proses downloadnya selesai. Kliirrr.... 
Proses Download Di ODr
(*catatan, terkadang ketika kita mendownload dengan menggunakan chrome, akan ada notifikasi jika file dapodik tersebut terdeteksi sebagai ancaman terhadap keamanan browsing laptop/komputer teman-teman. Jika di dismiss, maka file yang terdownload akan hilang. Jadi, untuk proses pendownloadan, gunakan peramban mozilla firefox yang tidak mendefinisikannya sebagai ancaman keamanan)
Notifikasi Harmful Tr
Langkah selanjutnya adalah proses generate prefill. Proses ini tentunya temen-temen ops sudah familiar kan? Ini bisa dilakukan dengan masuk ke sini. Generate prefill bisa dilakukan dengan 2 cara, yakni dengan kode registrasi, dan yang kedua dengan menggunakan NPSN. (pasti semua ops bisa melakukan ini), jika telah selesai, maka download prefillnya, dan simpan. Karena nantinya akan kita gunakan untuk proses instalasi.
Proses Generate Prefill
Oke, syarat-syarat untuk instalasi sudah dilengkapi, maka sekarang waktunya untuk proses instalasinya.
Bagi laptop dan komputer yang sudah terinstal aplikasi dapodik versi sebelumnya, maka diperlukan deinstalasi / uninstal aplikasinya terlebih dahulu. Tahapnya adalah, masuk ke control panel > programs > Programs and Features > pilih dapodikdas > dan tekan Uninstal. Tunggu hingga proses deinstalasinya selesai. Langkah selanjutnya adalah masuk ke local disk c/system dan hapus folder Prefill_dapodik. (karena nanti kita akan membuat folder baru dengan nama yang sama ketika melakukan instalasi)
Proses uninstal Dapodik Lawas

Uninstal Sukses

Membuat Folder "Prefill_dapodik"
Selanjutnya, kita instal aplikasi dapodik yang barusan kita download tadi (klik kanan, run as...), dan tunggu hingga prosesnya selesai. Ketika sudah selesai instalasinya, jangan terburu-buru untuk membukanya terlebih dahulu. Ingat, masih ada beberap proses yang harus kita lakukan. Yang pertama adalah, kita harus membuat folder “Prefill_dapodik” <<tanpa tanda petik, di Local Disk C/System. Yang kedua, kita tempatkan prf file ke dalam folder “Prefill_dapodik” (prf file adalah file hasil generate prefill yang kita lakukan tadi).
Proses Instal
Nah, sekarang kita bisa masuk ke browser andalan kita (chrome, mozilla, safari, opera, bolt, uc pc atau yang lainnya, di contohnya ini aku menggunakan chrome), ketikkan “localhost” untuk masuk ke aplikasi dapodik. Pertanyaan : apakah bisa langsung login? Tidak. Kita harus registrasi terlebih dahulu. Masukkan data yang diinginkan untuk proses registrasi, dan tak lupa, kode registrasinya. (diharapkan ketika proses registrasi, gunakan username dan paswrod yang dulu. Hal ini berkenaan dengan login ke aplikasi yang lain seperti datapd, vervalpd, vervalptk, dst), setelah registrasi berhasil, maka silahkan login.
Registrasikan Dulu

Lengkapi Proses Registrasi

notifikasi registrasi berhasil
Thataaaaaa........ dapodik v.4.0.0 sudah bisa dipergunakan untuk sebagaimana mestinyaaa. –halah-
Apa yang baru? Ada menu baru pada aplikasi kali ini. Seperti NPWP, tampilan yang bisa dirubah-rubah warnanya, pengaturan font, cek pembaruan bisa langsung dst. Aassseeekkk..... 
Tampilan Awal Dapodik 2015
Sebagian fitur tambahan
Nb. Ini adalah versi pertama dari penggabungan dapodik SD dengan dapodik SMP, jadi masih ada beberapa bugs ato data yang belum sesuai dengan sekolah yang bersangkutan. Sebagai contoh, sekolah kami, tiba-tiba menjadi berstatus “Menerima BOS : Tidak”. Padahal pada aplikasi sebelumnya, sudah di centang pada bagian menerima BOS. Tapi pada penampakan aplikasi terbaru ini, tercatat bukan sebagai sekolah yang menerima BOS. Ini kan berarti.... kami kehilangan dana bos... huuuwwaaaaaa...... *cup, cup, cup, gak usah nangis ya. Tuh ada abang-abang penjual pentol.. Tapi yakin deh, ini kan baru permulaan, jadi pasti kedepannya pihak pengembang aplikasi ini akan memperbaiki kesalahan kecil seperti ini... aaammmiiinnn
Dana BOS bermasalah...
Bagi yang mengalami permasalahan, pada aplikasi yang menyatakan “Menerima BOS : Tidak”, bisa dilihat salusi dan cara mengatasi permasalahannya disini

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...