Saturday 1 August 2015

Cara Mudah Mengatasi "Menerima BOS : Tidak" Dapodik 2015 v.4.0.0.

Tidak Menerima Dana BOS
Selamat sore teman-teman pembaca. Di sore yang cerah agak mendung dan dingin sunyi senyap cenderung panas ini (sumpah gak jelas banget maksud definisi cuacanya) sedikit ingin berbagi dengan teman-teman yang berkecimpung di dunia pendidikan, terutama yang mempunyai tugas sebagai operator sekolah. Bagaimana kabarnya? Sudah baik-baik sajakah anda disana? Sudahkah menginstal aplikasi dapodik versi terbaru? (halaaahhh, pertanyaane kok birokratik banget ya. Sok-sok an pake bahasa yang baik dan benar kuwii.. *kabuuurrr.. ntar pemilik blognya ngelempar sandal <<<ngayal menjadi orang lain yang lebih ganteng dari yang punya blog)
Bagi teman-teman operator yang sudah melakukan instalasi dapodik v.4.0.0 (Proses instalasinya bisa dilihat disini ), mungkin menemukan sedikit permasalahan. Selain permasalahan klasik yang seringkali terjadi (semisal mau instal dapodik tapi gak punya aplikasinya, atau bahkan mungkin mau instal dapodik, sudah punya installernya tapi ternyata belum mempunyai laptop karena laptopnya masih dipinjem tetangga atau guru lain), mungkin ada yang menemukan permasalahan lain setelah sukses melakukan proses instalasi. Salah satunya adalah dalam item menerima BOS, di aplikasi tertulis “tidak”. Memang sih sebenarnya ini merupakan permasalahan yang mudah untuk diatasi. Namun bagi yang belum mengerti (seperti aku yang sempet juga bingung karena hal ini), pasti akan membuat pikiran kita tidak tenang, sehingga melakukan apapun tidak tenang.. <<< ciri-ciri orang lebay.
Yap, jika mengalami permasalahan seperti ini sebenarnya cukup mudah kawan. Yang perlu dipastikan adalah, sekolah teman-teman termasuk sekolah yang menerima bantuan operasional (BOS) dari pemerintah. Kan ada juga tuh sekolah-sekolah yang memang tidak menerima bantuan BOS dari pemerintah. Jadi, cara ini tidak berlaku bagi sekolah tersebut. Untuk mengatasi permasalahan menerima BOS yang tertulis tidak, dapat diatasi dengan beberapa cara. Yang pertama adalah dengan refresh biasa (F5 *dalam beberapa merk dan seri laptop, refresh dengan Fn+F5), membersihkan data cache peramban yang dipergunakan untuk membuka aplikasi kemudian di refresh. Jika masih belum berhasil juga, maka permasalahan ada pada data aplikasi dapodik teman-teman.
Coba buka aplikasi dapodik teman-teman, masuk ke Tab “sekolah”, isi semua data disana, simpan, dan jangan lupa pada bagian bawah, pada tab “data periodik (ganjil 2015/2016)”, isikan semua datanya, kemudian simpan. Setelah itu lakukan refresh / reload, dan lihat hasilnya. Insya Allah di beranda dapodik teman-teman sudah tertulis “Menerima BOS : Ya”
Lengkapi Data Ini

Menerima BOS : iya

Oke, sekian dulu sharing dari aku untuk kali ini. Semoga membantu bagi yang bermasalah (asal bukan hidupnya saja yang bermasalah. Kalo ini sih jelas gak bisa membantu apa-apa walopun sudah direfresh sampe tombol refreshnya jebol). Semoga bermanfaat dan jangan lupa, selalu berolah raga! <<<gak nyambung lagi malah.

12 comments:

  1. Replies
    1. sami-sami pakdhe.... salam satu data! heheheeh

      Delete
  2. Replies
    1. Sama-sama mas Muhammad Ayan Firdausni... semoga bermanfaat... amiieennn

      Delete
  3. Terima kasih...Sangat membantu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama-sama mas Edhil Adham... senang bisa membantu.. sesama operator kan harus saling berbagi... xixixixixi

      Delete
  4. makasih banget,,, hampir saja bunuh diri...hehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah lhooo.... malah mau bunuh diri gara-gara dapodik... bisa bertambah dong daftar korbannya dapodik nanti mbak.. hahahayyy

      Delete
  5. Sangat membantu bang, mksi banyak .

    ReplyDelete
  6. punya kawan saya tidak mau juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba ulangi lagi proses instalasinya mas.. cek juga semua kemungkinan yang ada. mulai dari prefill, keadaan laptop/komputer, dan juga tahap-tahap instalasinya. jika semua fix, maka bisa dipastikan cara diatas akan bekerja... salam operator.

      Delete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...