Saturday 5 September 2015

Cara Upgrade Aplikasi Dapodik 4.0.0 ke 4.0.1

Bagi temen-temen operator sekolah, ketika mendengar kabar aplikasi Dapodik sudah meluncurkan versi 4.0.1, pasti ada diantara kalian yang langsung buru-buru membuka webnya di dapo.dikdas.kemdikbud.go.id untuk mengambil pembaruan yang tersedia disana. Tapi akhirnya harus berujung kecewa. Iya kaaannn? Karena di web nya, ternyata kita tidak bisa menemukan patch 4.0.1, dan hanya bisa menemukan installer aplikasi dapodik versi 4.0.0. bingung? Lalu muncul pertanyaan, lhooo, cara upgrade nya gimana iniii? Iya kaaaannn? Hekhekhek
Situs Dapodik.
Tenang aja teman-teman seperjuangan, memang untuk upgrade aplikasi dapodik versi 4.0.0 ke versi 4.0.1. kita siudah tidak lagi menggunakan cara konvensional seperti yang dulu (menggunakan patch). Tapi untuk versi ini kita bisa langsung mengupgradenya melalui laptop/komputer yang tentunya ada dapodiknya. (gak bakalan bisa di upgrade kalo laptopnya gak ada aplikasi dapodik. Emangnya apa yang mau di upgrade kalo gak ada dapodiknya?). syarat kedua adalah, laptop ato komputer itu harus terkoneksi dengan jaringan internet. (heellooooowww... ini tahun 2015 dengan aplikasi 4.0.0 broooo. Kalo kemarin-kemarin sih kita masih bisa upgrade aplikasi tanpa menggunakan jaringan internet. Tinggal ngopi patch dari temen lain, pindah ke laptop, upgrade, udah beres. Lha sekarang? Pake internet donggg. Modal dikit napa? Cuma bentar aja kok prosesnya).
Nah, setelah semuanya siap, segera saja kita masuk ke aplikasi. Kita isikan username dan password dapodik kita. Lalu? Kita masuk ke tab pengaturan >> cek Pembaruan >> dan tunggu sampai proses selesai. Untuk lebih jelasnya, biarkan gambar yang memandu teman-teman.
 
Tab Pengaturan

Cek Pembaruan

Lanjutkan

Muat Ulang Halaman

Versi 4.0.1

          Nah, jika masih tertera versi 4.0.0 pada dapodik temen-temen, cobalah direload atau di refresh. Insya Allah bisa berubah menjadi versi terbaru.

Oke, selamat mencoba!

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...