Friday 21 July 2017

Sebuah Perjalanan... ADA Band Chemistry Full Album


Sebuah Pendewasaan... itulah yang dapat aku simpulkan ketika mendapatkan album terbaru ADA Band yang bertajuk “Chemistry”. Album ke 10 sejak berganti vokalis ini memuat cerita yang lebih dewasa dibandingkan dengan album-album terdahulu mereka. Sebuah perjalanan... iya, jika diibaratkan sebuah fase kehidupan yang harus dijalani, album ADA Band memang selayak untaian sebuah perjalanan. Jika kita ingat dulu pada awal 2003 ketika album metamorphosis rilis, lagu-lagu yang mereka bawakan seolah mewakili perasaan para remaja yang sedang berbunga-bunga -lihat saja lagu “Masih (Sahabatku Kekasihku), Manja, Kaulah, Tinggalkan saja dia- yang penuh dengan warna khas remaja yang tengah berbunga hatinya.
Fase selanjutnya masih sama, dalam album ke 3 (Heaven of Love), masih mewakili perasaan para remaja yang sedang jatuh hati. Sebelum album ini rilis, diselingi dengan album discoghraphy The Best Of... yang memuat 2 lagu yang gak asing di telinga kita semacam jadikan aku raja dan “Kemanakah” <<<< yang ini kayaknya asing. Tapi bener kok lagu ini mendayu-dayu karena hanya diiringi oleh alunan piano dari Khrisna. Overall, hingga saat ini, mungkin album heaven of love ini adalah album yang paling keren yang pernah dirilis oleh ADA Band dengan formasi lama. Karena setelah album ini, macam album Romantic Rhapsody, Cinemastory (Ost Film Indonesia Berjudul “Selamanya” yang diperankan oleh Dimas Seto dan Julie Estelle”), tidak segemerlap sambutan masyarakat seperti album Heaven Of Love meski sama-sama mengusung tema cinta dan kasih sayang sebagai yang utama.
Begitu juga dengan album Harmonious, Mistery of Musical, Empati, Masa Demi Masa, semuanya juga masih bercerita tentang cinta. Meski porsinya berbeda dan.... bercerita juga tentang patah hati.
Baru pada album Chemistry ini aku menemukan sesuatu yang berbeda. Sesuatu yang lebih dewasa dalam materi lagu-lagunya. Seolah mengerti dengan perasaanku, pada album ini berisi muatan muatan lagu yang bercerita tentang keluarga, tentang anak, tentang kasih sayang yang tulus seorang ayah kepada anaknya, dan ketidakrelaan seorang ayah ketika akan berpisah dengan buah hatinya. Semua ini seolah mewakili apa yang aku rasakan. Mana ada seorang ayah yang rela jika harus berpisah dengan anaknya?
Di album berisi 10 lagu ini, tampaknya memang dibuat lebih bervariasi. Masih ada juga lagu tentang cinta meski porsinya semakin sedikit (yang paling mewakili adalah I’m crazy about you, imajinasi, percuma bilang cinta). Sedangkan lagu lain terkesan memiliki penafsiran ganda (lagu kucuri lagi hatimu, bisa jadi ini adalah perasaan untuk keluarga yang pernah terkoyak, bukan kepada kekasih, lagu Kaulah Kesukaanku juga bisa ditafsirkan ganda. Bisa jadi ini adalah lagu untuk keluarga jika melihat kata-kata yang dilantunkan oleh Doni. Dan yang paling jelas adalah lagu untuk sang anak bertajuk “Buah Hatiku” yang bercerita tentang kelahiran sang anak, dan juga “Ku Selalu Untukmu” yang bercerita tentang kesedihan ketika harus berpisah sementara dengan sang buah hati. Jika mendengarkan lagu ini, selalu saja langsung teringat kepada Adeeva Shakila Afsheen Almeera disana. Makanya ketika sedang bekerja sambil memutar album ini, seringkali aku skip untuk 2 lagu ini. Sekuat apapun seorang ayah, dia tak akan mampu menahan rindu yang sangat besar kepada buah hatinya. Dan aku sudah membuktikan hal itu... miss you dek Deeva...
Sebuah perjalanan.. mungkin 2 kata itu yang bisa aku jadikan sebuah konklusi untuk album ADA band. Mulai dari 2003 (album metamorphosis yang sering aku putar lewat VCD player saat itu di setiap pagi sambil bersiap berangkat sekolah), hingga Chemistry 2016 yang menemaniku menyelesaikan berbagai pekerjaan, semuanya seolah melengkapi puzzle perjalanan yang pernah aku lalui. Masa SMP, SMA, Kuliah, Kerja, Nganggur, Kerja, Keluyuran, semuanya tercakup dalam sebuah perjalanan bernama “ADA Band”
Bagi yang ingin Album ADA Band “Chemistry”, aku berikan linknya. Beberapa waktu lalu sudah aku simpan di akun mediafire. Lengkap berisi 10 lagu.
1.     Kucuri Lagi Hatimu
2.    Kaulah Kesukaanku
3.    Siap Melepasmu
4.    Imajinasi
5.    Percuma Bilang Cinta
6.    Buah Hatiku
7.    Ku Selalu Untukmu
8.    I’m Crazy About You
9.    Serasa Beda
10. Berbeda Soal Biasa

Link Download via Mediafire

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...