Memang benar
apa yang disampaikan Bapak Kepala UPT Dinas Pendidikan Kecamatan Sedan, yakni “Pak
Komandan” Sapardi, S.Pd beberapa waktu yang lalu. Saat itu, lewat komentar pada
akun Fbnya, beliau mengatakan bahwa para operator sekolah pada stressssssss!! (dengan
huruf “s” yang banyak). Ini sih gak apa-apa. Memang sesuai dengan kanyataan
kok. Kalo beberapa waktu yang lalu stressssss gara-gara mengerjakan verval
NUPTK untuk para PTK, sekarang sudah mulai streesssssss lagi dengan pengerjaan
pengisian EDS bagi para siswa. Tapi, karena aku adalah makhluk yang keren di
blog milikku sendiri ini (awas, jangan protes!!!), maka ke-stressssss-an yang aku alami tidak sama
dengan yang dialami oleh temen-temen lain. Terutama Mas Teguh Cahyo Nugroho yang
setauku sudah stressss sejak dulu. Xixixixi
Streeeesssssss yang aku alami hanya berlangsung sekitar 15
menit lebih 27 detik. Itupun karena bingung dengan format pengisian EDS siswa
yang bentuk file XLS. Namun, setelah melalukan ritual bertapa di gunung
Gondosari selama 3 hari 2 malam 13 jam 11 menit dan 47 detik (catatan =
waktunya tidak boleh kurang dan tidak boleh lebih demi menjaga keefektifan
wangsit yang diberikan), akhirnya, aku mendapatkan wangsit untuk bisa
menyelesaikan persoalan ini. Dan sebagai tanda syukurnya aku yang sudah
berhasil memecahkan kode-kode dari server sana (tapi gak semua kode lho ya.
maklum, masih amatiran), maka dengan ini aku mempersembahkan, sebuah sharing
tentang bagaimana cara mengisi EDS siswa beserta langkah-langkahnya. Jengjengjengjengjengjeng!!!!
Setelah searching-searching dan nyolek-nyolek mbah gugel
untuk memberitahu cara mengisi EDS siswa, yang aku adapat adalah “stresssss”. Karena
cara yang diberikan tidak bisa terpahami oleh otakku yang o’on. Nah, biar
terlihat lebih kreatip, maka aku mencoba untuk membuat panduan dengan bahasa
yang disederhanakan. Langkah-langkahnya =
-
Akses situs www.padamu.siap.web.id
-
Login dengan menu “login sekolah”, masukkan
username dan passwordnya. Usernamenya yang biasanya pake NPSN itu lho...
Kelola Sekolah - Administrasi Sekolah |
-
Dari beranda, klik item “kelola sekolah” yang ada
di bagian atas.
-
Klik lihat semua fitur di item “administrasi sekolah”
-
Pilih siswa dan alumni
-
Maka teman-teman akan mendapati sebuah halaman
yang berisi daftar siswa. Namun, masih dalam keadaan kosong.
Daftar Siswa Masih Kosong |
-
Isikan data siswa (minimal 30 siswa). Proses pengisian
ini bisa dilakukan dengan 2 cara. Yakni cara online dan cara offline. Untuk cara
online, tinggal klik tanda + pada halaman siswa dan masukkan identitas yang
diperlukan. Sedangkan untuk cara offline, temen-temen harus mendunlud dulu form
xls dengan cara klik tanda panah ke atas (upload data siswa), dan pilih kotak
download form dalam bentuk xls.
Tanda-Tanda Yang ada di halaman Siswa |
-
Setelah file hasil dunlud tersimpan, maka buka
file tersebut, dan mulailah memasukkan data siswa secara offline. Data yang
diinput dalam form tersebut adalah
a.
Nomor
b.
Kode sistem (kosongi saja. Karena nanti sistem
dari server yang akan memberikan nomor)
c.
Nomor induk
d.
NISN
e.
Nama
f.
Jenis kelamin
g.
Tempat lahir
h.
Tanggal lahir dengan format (YYYY-MM-DD)
i.
Alamat
j.
Tingkat (isi dengan huruf Arab yaitu 1, 2, 3, 4
dst –nyontek kata-katanya pak UPT)
k.
Tahun Masuk
*catatan = dalam form NISN dan tanggal, seringkali sitem tidak
dapat menerima format yang kita upload karena ada deteksi kesalahan format,
padahal kita sudah menuruti format yang diminta yaitu YYYY-MM-DD. Untuk mengantisipasinya,
maka rubah format tersebut menjadi berformat text. (di Excel blok kolom yang
akan dirubah, klik kanan-format cell-pilih tab number-cari text)
Pengisian Data Siswa Secara Online |
Pengisian Data Siswa Secara Offline |
-
Setelah selesai diisi, upload file excel tadi
dengan cara yang sama, yakni klik tanda panah ke atas, dan klik yang pilih
file, kemudian upload/uanggah.
-
Maka akan tampak notifikasi dari server. Apakah sitem
mendeteksi kesalahan ataukah tidak (disediakan form unduhan yang menandai dimana letak kesalahan data yang diupload). Jika tidak ada kesalahan, maka klik “simpan”. dalam layar akan tampak gambar sebagai berikut
Sistem Mendeteksi Kesalahan |
Sistem Tidak Mendeteksi Kesalahan |
-
untuk selanjutnya Dalam layar akan tampak gambar seperti berikut
-
Tahap selanjutnya adalah mencetak surat aktivasi
akun siswa. Caranya adalah, klik segitiga terbalik disebelah kanan nama siswa,
kemudian pilih “Cetak x.x.x.x..x.x.x.” – penulis lagi lupa. Makanya ditulis
xxxxx. Yang penting ada cetaknya.
-
Selesai.. untuk operator sekolah bisa log out.
Setelah selesai mencetak surat
aktivasi akun siswa, maka selanjutnya adalah proses pengisian EDS siswa. Dalam surat
yang dicetak, tertera SIAP ID masing-masing siswa dan juga password untuk login
siswa. Lagkah selanjutnya adalah.
-
Masuk ke situs www.padamu.siap.web.id
-
Login Siswa
-
Kemudian masukkan SIAP ID dan password
masing-masing siswa.
-
Dan mulai untuk mengentri EDS. Jawab 18
pertanyaan. Selesai deh...
Halaman Pengisian EDS |
Setelah Pengisian EDS Siswa |
18 Pertanyaan Siswa |
Jika keterangan yang tidak
begitu jelas diatas agak membingungkan, silahkan menghubungi admin lewat akun
Fb nya di M Fuad Shulkhan Tsania. Tidak perlu datang kerumah, karena admin
tidak mau menerima tamu kalo tidak mau bawa oleh-oleh. Wekwekwek.
*catatan Umum = proses entry data siswa, lebih baik
menggunakan proses offline. Karena nantinya akan ada perbedaan jika di entry
secara online dan secara offline. Data yang dientry secara online hanya
memenuhi 25% biodata, sedangkan yang dientry secara offline (lewat proses
dunlud formulir xls), kelengkapan datanya mencapai 50%.
Perbandingan Kelengkapan Data. Yang Atas diisi secara online, yang bawah diisi secara offline. |
Oke, selamat berbingung-bingung ria. waktunya nonton pilem duluwwww....
ya
ReplyDeleteinjeeeeehhhhhhh
ReplyDelete