Friday 30 August 2013

Cara Mudah Mengisi EDS Siswa

Memang benar apa yang disampaikan Bapak Kepala UPT Dinas Pendidikan Kecamatan Sedan, yakni “Pak Komandan” Sapardi, S.Pd beberapa waktu yang lalu. Saat itu, lewat komentar pada akun Fbnya, beliau mengatakan bahwa para operator sekolah pada stressssssss!! (dengan huruf “s” yang banyak). Ini sih gak apa-apa. Memang sesuai dengan kanyataan kok. Kalo beberapa waktu yang lalu stressssss gara-gara mengerjakan verval NUPTK untuk para PTK, sekarang sudah mulai streesssssss lagi dengan pengerjaan pengisian EDS bagi para siswa. Tapi, karena aku adalah makhluk yang keren di blog milikku sendiri ini (awas, jangan protes!!!), maka ke-stressssss-an yang aku alami tidak sama dengan yang dialami oleh temen-temen lain. Terutama Mas Teguh Cahyo Nugroho yang setauku sudah stressss sejak dulu. Xixixixi
          Streeeesssssss yang aku alami hanya berlangsung sekitar 15 menit lebih 27 detik. Itupun karena bingung dengan format pengisian EDS siswa yang bentuk file XLS. Namun, setelah melalukan ritual bertapa di gunung Gondosari selama 3 hari 2 malam 13 jam 11 menit dan 47 detik (catatan = waktunya tidak boleh kurang dan tidak boleh lebih demi menjaga keefektifan wangsit yang diberikan), akhirnya, aku mendapatkan wangsit untuk bisa menyelesaikan persoalan ini. Dan sebagai tanda syukurnya aku yang sudah berhasil memecahkan kode-kode dari server sana (tapi gak semua kode lho ya. maklum, masih amatiran), maka dengan ini aku mempersembahkan, sebuah sharing tentang bagaimana cara mengisi EDS siswa beserta langkah-langkahnya. Jengjengjengjengjengjeng!!!!
          Setelah searching-searching dan nyolek-nyolek mbah gugel untuk memberitahu cara mengisi EDS siswa, yang aku adapat adalah “stresssss”. Karena cara yang diberikan tidak bisa terpahami oleh otakku yang o’on. Nah, biar terlihat lebih kreatip, maka aku mencoba untuk membuat panduan dengan bahasa yang disederhanakan. Langkah-langkahnya =
-      Akses situs www.padamu.siap.web.id
-      Login dengan menu “login sekolah”, masukkan username dan passwordnya. Usernamenya yang biasanya pake NPSN itu lho...

Kelola Sekolah - Administrasi Sekolah

-      Dari beranda, klik item “kelola sekolah” yang ada di bagian atas.
-      Klik lihat semua fitur di item “administrasi sekolah”
-      Pilih siswa dan alumni
-      Maka teman-teman akan mendapati sebuah halaman yang berisi daftar siswa. Namun, masih dalam keadaan kosong.
Daftar Siswa Masih Kosong
-      Isikan data siswa (minimal 30 siswa). Proses pengisian ini bisa dilakukan dengan 2 cara. Yakni cara online dan cara offline. Untuk cara online, tinggal klik tanda + pada halaman siswa dan masukkan identitas yang diperlukan. Sedangkan untuk cara offline, temen-temen harus mendunlud dulu form xls dengan cara klik tanda panah ke atas (upload data siswa), dan pilih kotak download form dalam bentuk xls.
Tanda-Tanda Yang ada di halaman Siswa

-      Setelah file hasil dunlud tersimpan, maka buka file tersebut, dan mulailah memasukkan data siswa secara offline. Data yang diinput dalam form tersebut adalah
a.    Nomor
b.    Kode sistem (kosongi saja. Karena nanti sistem dari server yang akan memberikan nomor)
c.    Nomor induk
d.    NISN
e.    Nama
f.    Jenis kelamin
g.    Tempat lahir
h.    Tanggal lahir dengan format (YYYY-MM-DD)
i.     Alamat
j.     Tingkat (isi dengan huruf Arab yaitu 1, 2, 3, 4 dst –nyontek kata-katanya pak UPT)
k.    Tahun Masuk
*catatan = dalam form NISN dan tanggal, seringkali sitem tidak dapat menerima format yang kita upload karena ada deteksi kesalahan format, padahal kita sudah menuruti format yang diminta yaitu YYYY-MM-DD. Untuk mengantisipasinya, maka rubah format tersebut menjadi berformat text. (di Excel blok kolom yang akan dirubah, klik kanan-format cell-pilih tab number-cari text)
 
 
Pengisian Data Siswa Secara Online

Pengisian Data Siswa Secara Offline
-      Setelah selesai diisi, upload file excel tadi dengan cara yang sama, yakni klik tanda panah ke atas, dan klik yang pilih file, kemudian upload/uanggah.
-      Maka akan tampak notifikasi dari server. Apakah sitem mendeteksi kesalahan ataukah tidak (disediakan form unduhan yang menandai dimana letak kesalahan data yang diupload). Jika tidak ada kesalahan, maka klik “simpan”. dalam layar akan tampak gambar sebagai berikut
Sistem Mendeteksi Kesalahan

Sistem Tidak Mendeteksi Kesalahan

-      untuk selanjutnya Dalam layar akan tampak gambar seperti berikut
 
Tampilan Siswa Sudah Mausk dalam Data
-      Tahap selanjutnya adalah mencetak surat aktivasi akun siswa. Caranya adalah, klik segitiga terbalik disebelah kanan nama siswa, kemudian pilih “Cetak x.x.x.x..x.x.x.” – penulis lagi lupa. Makanya ditulis xxxxx. Yang penting ada cetaknya.
 
Segitiga terbalik warna merah
-      Selesai.. untuk operator sekolah bisa log out.


Setelah selesai mencetak surat aktivasi akun siswa, maka selanjutnya adalah proses pengisian EDS siswa. Dalam surat yang dicetak, tertera SIAP ID masing-masing siswa dan juga password untuk login siswa. Lagkah selanjutnya adalah.
-      Masuk ke situs www.padamu.siap.web.id
-      Login Siswa
-      Kemudian masukkan SIAP ID dan password masing-masing siswa.
-      Dan mulai untuk mengentri EDS. Jawab 18 pertanyaan. Selesai deh...
Halaman Pengisian EDS

Setelah Pengisian EDS Siswa

18 Pertanyaan Siswa

Jika keterangan yang tidak begitu jelas diatas agak membingungkan, silahkan menghubungi admin lewat akun Fb nya di M Fuad Shulkhan Tsania. Tidak perlu datang kerumah, karena admin tidak mau menerima tamu kalo tidak mau bawa oleh-oleh. Wekwekwek.

          *catatan Umum = proses entry data siswa, lebih baik menggunakan proses offline. Karena nantinya akan ada perbedaan jika di entry secara online dan secara offline. Data yang dientry secara online hanya memenuhi 25% biodata, sedangkan yang dientry secara offline (lewat proses dunlud formulir xls), kelengkapan datanya mencapai 50%.
Perbandingan Kelengkapan Data. Yang Atas diisi secara online, yang bawah diisi secara offline.

          Oke, selamat berbingung-bingung ria. waktunya nonton pilem duluwwww....

2 comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...