Wednesday 10 April 2013

Risalah Patah Hati : Permulaan


PATAH HATI

“Patah hati.. berjuta rasanya.. indahnya syahdunya... asik sekali.. patah hati.. berjuta indahnya...” hehehehe.. lagu yang ngawur.. kata Raditya Dika, Jika jatuh cinta berjuta rasanya, maka patah hati Cuma ada 1 yang dirasain.. nyesekkk!! Cuma itu...
          Terlepas dari itu semua, sebagai orang yang normal, pastilah kita pernah merasakan juga apa yang namanya patah hati. Kata beberapa orang sih, patah hati menandakan bahwa kita sudah mulai dewasa. Memang bener juga kata mereka. Kalo dewasa kan kita pasti jatuh hati, naksir-naksiran, terus cinta-cintaan, dan ujung-ujungnya adalah patah hati. Kalo sudah kompleks seperti itu, tandanya kita kan sudah dewasa. Tapi ada yang dilupakan oleh mereka, rasanya sakit hati itu galau banget. Makan tidak enak, tidur tidak nyenyak, nonton tipi juga yang muncul dilayar Cuma bayangan si dia terus. Sampai-sampai pengen bunuh diri juga sering dilakuin sama orang yang patah hati.

              Masalah patah hati memang telah berubah menjadi penyakit kronis para remaja. Terutama yang punya label anak eSeMPe dan eSeMaA. Pada tahap ini, mereka masih rentan dengan apa yang namanya patah hati. Hingga ada juga yang menjuluki mereka sebagai ababil.. akronim dari ABG labil..


SKENARIO PATAH HATI
Cowok Mutusin Cewek

          Katika sedang patah hati, pas diputusin sama pacar, sikap kita pun berbeda-beda tergantung dengan situasi dan kondisi. Kalo cewek ahli karate diputusin cowok secara langsung, situasinya akan seperti ini:
Cowok           : Beb, aku merasa kita sudah tidak ada kecocokan lagi.
Cewek                   : lalu maksud kamu apa beb? (dengan nada yang mulai menanjak)
Cowok          : iya, kita tidak cocok gitu...
Cewek                   : lalu? (dengan mimik wajah yang mulai memerah)
Cowok          : mungkin lebih baik kita putus... (diucapkan dengan hati-hati)
Cewek                   : Apppaaaahhhh???? Pppuuutttuuussss???? (dengan mata terbelalak)
Cowok          : ma’af.. (diucapkan dengan minder karena melihat si cewek sudah mulai menggebrak meja dan satu kaki ditaruh diatas meja )
Cewek         : ape lu kate?? Putus?? Lu belon tau siapa guwe?? Gampang banggget lu kayak gini ma guwe?? Berani banget lu??
Cowok          : ....... (gak berani menjawab)
Cewek                   : gak akan gue maafin!!! *brakkkkk!!!

Dan mungkin saja situasi tersebut berujung dengan adegan di rumah sakit. Atau bahkan mungkin langsung ke UGD untuk episode selanjutnya.


Beda lagi dengan situasi jika cewek yang jago karate diputusin cowoknya lewat telefon.
Cowok          : halo beb... aku pengen ngomong sesuatu ma kamu. (ngomong dengan suara dilembut-lembutin)
Cewek                   : tentang apa beb?? (menjawab dengan suara yang lembut)
Cowok          : sepertinya kita sudah gak ada kecocokan lagi beb. (dengan hati-hati)
Cewek                   : Maksudnya?? (penasaran)
Cowok          : iya, kita udah gak cocok lagi..
Cewek                   : lalu?? (wajah sangar sudah mulai tampak)
Cowok          : kita pisah aja gimana?? (semakin takut)
Cewek         : Aaapppppaaaahhhhhh???? Piisssaaahhhh???!!!! (wajah sangar semakin menjadi jadi)
Cowok          : hu um... (gak berani jawab selain kata itu)
Cewek         : oke.. gak apa-apa. Guwe terima keputusan eluuuwww. (masih dengan sedikit emosi dan elu-elu guwe-guwe sudah mulai keluar)
Cowok          : beneran beb?? Terima kasih ya sayang.. (terkejut dengan jawaban yang diterima dan terlihat melonjak kegirangan)
Cewek                   : iya.. gak apa-apa tapi....
Cowok          : tapi apa beb?? (Penasaran)
Cewek         : tapi, kalo kita ketemu dan ada lehermu ato jari-jarimu yang patah, jangan salahin aku ya. Wahahahaha (tertawa sadis).
Cowok          : cklek!! (menutup telepon dan gemeteran)

Itu kalo cowok ato ceweknya sangar. Beda lagi kalo cewek melankolis yang jadi korbane. Baik secara langsung ataupun lewat telefon, reaksinya akan terlihat sama kok. Garis besarnya seperti ini.

Cowok          : sayang, aku pengen bilang sesuatu ma kamu..
Cewek                   : tentang apa itu?? (sambil pegang tangan cowoknya)
Cowok          : suaramu indah..
Cewek                   : beneran say?? Makasih ya.. (tersipu-sipu)
Cowok          : tapi say...
Cewek                   : tapi apa sayang?? (masih dengan senyum)
Cowok          : suara cewek yang lain lebih indah daripada suaramu.. (dengan senyum juga)
Cewek                   : maksudnya?? (melepaskan pegangan tangannya)
Cowok          : ya lebih baik kita bubaran, dan biarkan aku memilih bibir yang paling indah.. (berlagak kalem)
Cewek                   : kita putus???
Cowok          : bisa dibilang gitu. Gimana??
Cewek                   : kamu tega mutusin aku setelah semua ini kita jalani berdua??
Cowok          : maksudku kita gak putus sayang, kita, kita Cuma pisah kok.. (mencoba meralat kata-katanya)
Cewek                   : kamu tega.. (mulai nangis)
Cowok          : maafin aku ya sayang..
Cewek                   : oke, aku terima keputusanmu.. (sambil beranjak pergi)
Cowok          : makasih ya.. (diucapkan dengan wajah seperti gak punya dosa)
Cewek                   : hiks-hiks...
Dan biasanya, untuk lebih mendramatisir keadaan, maka, lagu-lagu sedih yang (biasanya juga) dari pilem-pilem india pun diperdengarkan untuk mengiringi adegan si cewek pergi meninggalkan si cowok. Biasanya sih, gak berhenti sampai disini. Ketika si cewek sudah resmi diputusin, maka dalam beberapa hari (bahkan terkadang beberapa minggu, beberapa bulan ataupun beberapa tahun), dia akan merasakan dunia terasa hampa. Makan tak habis banyak, minum hanya habis setengah gelas akuwa, dan tidur sering kebangun gara-gara inget dengan si cowok.
SKENARIO PATAH HATI
Cewek Mutusin Cowok

Akan berbeda keadaannya jika yang mutusin hubungan adalah si cewek. Mungkin adegannya akan lebih simple. Yakni si cowok terlihat cool didepan cewek agar sisi kecengengannya tidak terlihat. Ketika di depan ceweknya dia masih bisa menjaga harga diri sebagai cowok, dan menanggapi permintaan putus dari si cewek dengan santai, tapi sebenere dalam hati dia pasti menjerit-jerit. Cowok sekuat apapun pasti akan merasakan sakit kalo diputusin. Malah terkadang mereka pun gak sungkan untuk nangis-nangis dan meratap walo ceweknya masih ada didepan mata.
          Kalo yang nangis-nangis sih sudah ketahuan, si cowok pasti anak mami banget, dan alasan si cewek mutusin pun pasti bisa ditebak, yaitu, tiap mereka keluar buat jalan-jalan, makan, nonton pilem, shopping ato sekedar ngobrol-ngobrol, ibu dari si cowok pasti juga ikut nimbrung. Siapa sih yang betah, kalo nge-date harus selalu ngelibatin ibu?? Bisa gak dibayangin, sewaktu suasana jalan-jalan, karena merasa kurang romantis, tiba-tiba ibune si cowok bilang “pegang tangan cewekmu!!”. Ato ketika makan bareng, si cowok bukane nyuapin si cewek, tapi malah si cowok minta disuapin sama ibune.. “mama suapiiinnn... mama neneeeennn....”. ato coba bayangin, waktu lagi nonton pilem sama tu cowok, bukane pilem romantis yang diliat tapi malah telenovela. Kacau gak sih kalo kayak gitu??


          Kembali ke risalah patah hati. Mengenai patah hati, sebagai cowok yang normal, aku juga pernah ngerasain. Meski aku tergolong sebagai cowok yang (lagi-lagi mengaku) keren, tapi masalah patah hati, huh, sudah langganan deh. Mulai dari yang biasa aja sampai yang parah-parah juga pernah aku alami. Tapi, tenang saja, karena aku memang tarlahir sebagai cowok yang keren, maka aku pun dengan cuek bisa mengatasai ke-galau-an yang aku rasakan. Hal pertama yang aku rasakan ketika sedang patah hati adalah... tidak ada bedanya antara punya pacar dan tidak!! Cuma status di pasbuk aja yang membedakan. Sedangkan sehari-hari, tetep gak ngaruh dengan apa yang aku jalani. Semuanya sama aja kok. Coba deh rasain, bagi yang punya pacar, coba diputus selama seminggu, terus ntar balikan lagi. Gak akan ada bedanya.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...