Saturday 20 July 2013

Metamorphosis : Tanpa Perubahan



CHAPTER XIII
UNCHANGED (TAK BERUBAH)
Sampai kemudian aku dengan gak sadar memulai perbincangan lagi. Tau gak, apa yang aku tanyakan?? Bukan kabar, bukan kehidupan, tapi yang aku tanyakan adalah “kentut”. Bego gak sih aku? Tanya kentut pada orang yang menyakiti hidupku dengan kentut?
“Emmmm...” aku malu-malu kambing ketika memulai pembicaraan ini.
“Apa Ngak??” desak Leles dengan mata dikedip-kedipin kayak om-om hombreng gitu.
“Gimana kentutmu ndes??” *nyengir
“Ha??” *nyengir dua kali
“Masih ngentutan?”
“Masih dung Ngak.. tadi kan juga udah tak kasih yang spesial buat kamu..” *tanpa rasa bersalah sedikitpun.
“Jadi bener, bau tadi itu kentutmu?” *mencoba meyakinkan diri sendiri.
“iya. Ih, kamu gitu deh Ngak. Gak setia kawan gitu. Kita udah lama sahabatan, tapi kamu gitu deh. Masak gak mengenali kentut yang aku punya sih??”
Diam....
(Sambil mikir, buset banget ni orang.. emang kentut bisa dijadikan ciri khas dan punya ciri khas?? Masak kentut aja harus dikenali sama orang lain??)
Masih diam...
Tiba-tiba...
“Prettttt......tet..tet..tet..tet...” terdengar suara itu dengan waktu yang lumayan lama..
Disusul dengan bau yang sangat tidak enak menjalar di ruangan rumahku. Sesegera mungkin aku bangkit dan aku tutupi semua jajanan yang ada di meja. Sebisa mungkin aku harus menyelamatkan jajanan yang disediakan untuk khalayak ramai yang berkunjung kerumah. Tanpa memikirkan keadaanku yang sudah terkontaminasi tingkat tinggi oleh bau-bauan itu, aku harus menutupi semua kaleng dan juga toples yang ada. Keselamatan pengunjung dan tamu dirumahku lebih penting dari apapun. Gak seru kan kalo habis kunjungan kerumahku, dan maem jajanan yang disediakan, tamunya langsung terkapar, menggelepar dan muntah dengan mulut berbusa gara-gara jajanan yang dimakan sudah terinfiltrasi dengan bau kimia dari kentutnya Leles?? Bisa dituntut orang banyak nanti aku..
Dan kudengar suara...
“Tuh dah tak kasih lagi Ngak..”
“Tadi katane kangen leh dengan kentutku?? Udah tak kasih yang spesial hari lebaran buatmu.. edisi terbatas lho..” xaxaxaxaxa
Aku diam..
Merengut tingkat akut…
Kalo saja dirumah gak ada orang, mungkin sudah aku teriakin “maling” ni orang. Biar dipukuli sama orang-orang sekampung. Lama-lama gondok juga aku jadi korban perkentutane dia. Sepanjang hayat kok ya mesti aku yang jadi korban dari edisi spesial kentut-nya dia?? Tapi, hatiku bersorak ketika aku mendengar....
“Eh Ngak, aku pulang dulu ya.. ada acara lagi nih aku.. maklum, orang sibuk..” katanya sambil meringis.
“Iya ndes, iya.. cepetan gih pulang..” semangatku timbul. Dalam hati aku teriak-teriak, Yessss!!! Kenapa gak dari tadi aja kamu bilang gitu?? Kenapa baru sekarangg???!!
“Tapi Ngak...” sedikit lirih...
“Apa??” penasaran..
“Sebelum pulang, aku ijin numpang ke kamar mandi dulu ya...”
“Udah kebelet banget ini.. tadi aja udah kentut-kentutin kamu gitu” wajah memelas khas Leles dikeluarkan...
Gubrak!!!
Aku perbolehkan dengan suasana hati yang lemes...
Diam...
Hening...
Dan kemudian yang terdengar hanya suara-suara aneh yang ditimbulkan oleh aktifitas Leles di kamar mandi... Plung... Plung...








No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...